Komputer Overheat

Laptop / Komputer Overheat? Ketahui Cara Mengatasinya!

Laptop / Komputer Overheat Anda bisa mengenali jika komputer Anda overheat bila berasa panas waktu dipegang, bila kipasnya keras, atau bila Anda mengenyam mati tiba-tiba, monitor macet, atau jatuh biru yang mencekam. Permasalahan overheating CPU rata-rata berlangsung saat mereka kerjakan banyak tugas mendalam sumber daya seperti permainan atau pengoreksian video.

Seluruhnya fitur electronic bisa mengenyam panas berlebihan. Ini dapat amat beresiko buat fitur lunak dan fitur keras, dan sejumlah besar komputer punyai bagian pembuangan panas dan sirkulasi untuk menghindari panas berlebihan.

Bila komputer Anda panas atau kipasnya bising, Anda kemungkinan memiliki browser yang terbuka, atau Anda kemungkinan kerjakan banyak tugas mendalam seperti main permainan, mengupdate file media, atau streaming video online. Bila komputer Anda panas akan tetapi memiliki fungsi dengan bagus, sela dan tutup terapan sumber daya untuk sesaat.

Pemicu umum Komputer Overheat

  • Banyak proses dan terapan jalan secara berbarengan
  • terapan yang tak memikul tanggung jawab
  • Kebanyakan browser yang dibuka
  • kipas hancur
  • Penerbangan macet
  • program lama
  • Virus atau malware yang lain
  • CPU atau GPU sangat panas
  • Debu menimbun di kipas dan sirkulasi komputer Anda

Komputer yang sangat panas rata-rata disebabkan dari faktor-faktor. Bila debu didiamkan tumbuh dari kian waktu, hal semacam itu bisa menyetop kipas dan mengakibatkan CPU atau GPU jadi sangat panas. Jalankan kebanyakan terapan secara berbarengan bisa mengakibatkan kipas jadi sangat panas, dan bila ini berlangsung sering, kipas bisa stop bekerja.

Langkah mendinginkan Komputer Overheat

Langkah terunggul untuk mendinginkan komputer Anda merupakan pertama kali cari tahu kenapa komputer Anda overheat. Selesai Anda menandai pemicu panas berlebihan, Anda bisa mengenali apa yang harus dijalankan sesudah itu – apa Anda butuh sungguh-sungguh membersihkan komputer, tingkatkan saluran udara, atau tutup sejumlah browser.

  1. Membersihkan komputer Anda

Mendinginkan komputer Anda segampang membersihkan. Membersihkan debu, kotoran, dan partikel lain yang masuk ke komputer Anda bisa tingkatkan kecepatan, performa, dan saluran udara secara berbarengan. Bila Anda belum membersihkan komputer Anda paling tidak dalam 6 bulan, pembersihan mesin Anda bakal terlambat.

  1. tingkatkan saluran udara

Saluran udara komputer menolong menghindari panas berlebihan dengan menyalurkan udara dingin lewat mesin Anda. Memakai laptop di atas yang empuk seperti tempat tidur atau sofa bisa menutup lubang sirkulasi. Pakai meja atau meja bulat dan komputer Anda harus dingin.

Komputer desktop memerlukan saluran udara yang cukup buat mendinginkan. Bukannya menaruh komputer Anda di almari atau di atas karpet, tempatkan di atas yang keras dan konstan dengan beberapa area disekitarnya.

  1. Tonton pecintanya

Bila kipas berpijar, Anda kemungkinan cuman perlu tunggu sejenak sampai komputer jadi dingin sendirinya. Akan tetapi bila komputer Anda panas dan kipasnya tak memiliki fungsi dengan bagus atau amat keras, ini dapat menjadi tandanya jika komputer terhambat atau mungkin tidak memiliki fungsi. Coba membersihkan komputer Anda, tambah saluran udara, atau tukar kipas.

  1. Aplikasikan kembali pasta termal
Baca Juga :   Laptop Harga 2 Jutaan Spek Tinggi : 15 Review Singkat

Thermal paste merupakan bahan penghantar panas yang mengaitkan CPU atau GPU ke heat sink logam, yang menolong melenyapkan panas agar komputer tetap dingin. Pasta termal bisa jadi kering seiring berjalannya waktu, terlebih bila Anda dengan teratur menggerakkan komputer melewati batasan alaminya.

Pasta termal sudah dijumpai di komputer Anda, jadi Anda harus mengambil fitur Anda untuk mengubahnya. Terkecuali Anda seseorang pakar, dapatkan mekanik memiliki pengalaman untuk kerjakan ini. Mengaplikasikan kembali pasta termal bisa menjadi metoda pendinginan yang efisien, terlebih dengan komputer lama.

  1. Pakai prosedur pendingin external

Banyak laptop punyai prosedur sirkulasi udara dingin pada bagian bawah – tersebut pemicunya seharusnya pakai laptop Anda di atas yang keras dan rata. Bila laptop Anda condong sangat panas, coba pakai bantalan pendingin yang meniupkan udara ke sirkulasi laptop.

  1. Tutup atau tutup program

Langkah paling gampang untuk mendinginkan PC Anda dengan mematikan seluruhnya program yang habiskan banyak daya komputasi dan tingkatkan pemanfaatan disk Anda sampai 100% – pengoreksian video dan permainan. Anda bisa juga coba mematikan fitur dan biarkan istirahat sepanjang beberapa waktu.

Mendinginkan PC Anda juga membersihkan dan percepat PC Anda. Untuk menolong mengontrol prosedur operasi komputer Anda tetap bersih dan rapi, pakai pencuci rack teratas dan gratis dari penyuplai paling dipercaya.

Bagaimanakah caranya kerja pendinginan Komputer Overheat?

Sejumlah besar pendinginan komputer bekerja memakai saluran udara. Sirkulasi di kulit paling luar komputer Anda biarkan udara dingin masuk sembari melepas udara yang lebih hangat dari dalam. Kipas membuat saluran udara lebih gampang – dan kenaikan kegaduhan memperlihatkan fitur Anda kemungkinan sangat panas, sebab kipas bekerja lembur untuk mengontrol segalanya tetap dingin.

Bagian intern yang lain menolong pendinginan. Ini rata-rata terjalin ke CPU atau GPU

Kenaikan pendinginan waktu kerjakan pekerjaan yang menentang dalam periode waktu yang lama.

Bagaimana menghindari Komputer Overheat

Untuk menghindari komputer Anda overheat, check

Baik bagian fitur keras atau fitur lunak. Banyak pemecahan untuk komputer yang sangat panas — seperti menandai terapan yang memerlukan sumber daya, tutup program background, mengamati pemanfaatan fisik dan paparan panas, mengupdate fitur lunak Anda, dan scan malware — juga membuat komputer Anda tetap dingin dalam waktu panjang.

Waktu coba metoda ini, yakini untuk mengamati temperatur CPU Anda untuk menegaskan segalanya memiliki fungsi dengan bagus.

  1. Analisa terapan yang susah

Sejumlah terapan butuh daya komputasi yang besar, yang bisa mengakibatkan komputer Anda jadi sangat panas. Anda bisa menanggulangi permasalahan pemanasan komputer ini dengan periksa terapan Anda untuk menyaksikan seberapa banyak daya komputasi yang mereka konsumsi.

Baca Juga :   Laptop Harga 2 Jutaan Spek Tinggi : 15 Review Singkat

Pada Windows 10 atau 11, pengurus pekerjaan memperlihatkan terapan yang paling menuntut. Akses pengurus pekerjaan dengan masuk di menu Mulai atau memakai pintasan Ctrl + Shift + Esc. Rata-rata terbuka dalam model singkat, jadi click Detil yang lain di pojok kiri bawah untuk mendalami selanjutnya.

Tab Proses memberikan seluruhnya proses yang jalan di komputer Anda dan memperlihatkan terhadap Anda berapakah beberapa sumber daya komputasi yang dipakai masing-masing proses. Bila terapan memakai perbandingan CPU yang tinggi, ini kemungkinan menerangkan kenapa komputer Anda sangat panas dan melamban. Tutup terapan dan membuka kembali kelak, waktu Anda punyai semakin berkurang terapan yang jalan.

Untuk tutup program mendalam sumber daya dan proses background, tentukan terapan spesifik dan tentukan Mengakhiri pekerjaan di pojok kanan bawah jendela Pengurus Pekerjaan.

Untuk menghindari komputer Anda overheat, coba pakai cuman satu terapan mendalam sumber daya pada sebuah waktu. Turunkan jumlah tab yang terbuka di browser Anda, sebab tiap-tiap tab baru memerlukan semakin banyak RAM – terlebih bila Anda main video permainan atau memakai alat berbasiskan website.

  1. Tutup terapan background dan hapus file sementara

Awasi data background dan hapus file sementara untuk mengirit sumber daya komputer dan mengirit area penyimpanan. Program pembersihan pribadi bisa membuat komputer Anda tetap berjalan baik.

AVG TuneUp direncanakan pribadi untuk mendapatkan file sampah dan data tak berfaedah yang lain yang habiskan area di komputer Anda. Fitur lunak yang tak usah dan bloatware yang lain bisa mengakibatkan komputer Anda melamban dan cepat panas.

AVG TuneUp membuat PC Anda berjalan manis dengan teratur, membuatnya pemecahan gampang untuk mengontrol prosedur operasi PC Anda tetap bersih dan fitur kerasnya tetap dingin. Model tidur yang dipatenkan secara automatic tunda terapan waktu tak dipakai – menghindari pekerjaan yang tak usah habiskan sumber daya CPU dan RAM yang mempunyai nilai.

  1. Maksimalkan GPU Anda

GPU Anda bakal punyai penataan maksimal yang tidak serupa terkait pada fungsinya. Untuk tingkatkan performa GPU untuk terapan spesifik, membuka penataan grafis di penataan prosedur Anda – dapatkan dengan menelusurinya dibidang penelusuran desktop. Terkait pada apa yang Anda kerjakan, Anda bisa memaksimalkan diagram untuk video permainan, editor video, atau browser.

Menjaga agar GPU Anda tetap dingin dengan menegaskan seluruhnya mesin Anda bersih dan bebas debu, dan kipas bekerja seperti wajarnya. Anda bisa memasangkan kipas tambahan atau prosedur pendingin lain bila GPU Anda panas. Anda bisa juga mengamati temperatur GPU Anda untuk lacak waktu temperatur naik.

  1. pemanfaatan bahan
Baca Juga :   Laptop Harga 2 Jutaan Spek Tinggi : 15 Review Singkat

Sama dengan debu dan saluran udara yang jelek mengakibatkan komputer Anda jadi sangat panas, memakai komputer Anda di bawah cahaya matahari langsung bisa juga mengakibatkan komputer Anda jadi sangat panas. Tanpa ada sirkulasi yang layak, juga temperatur udara sedang bisa membuat komputer Anda sangat panas.

Langkah terunggul untuk meminimalisir pengaruh fisik pada potensi fitur Anda untuk tetap dingin dengan membersihkan dengan teratur, menjauhkan dari cahaya matahari langsung, dan menegaskan sirkulasi terserang udara. Untuk membersihkan komputer dan mengontrolnya agar tetap bebas debu, pakai udara kalengan dan kain mikrofiber. Yakini untuk membersihkan pojok dan sela, di mana debu condong masuk.

  1. Check pengembangan

Mengupdate komputer Anda dan fitur lunak didalamnya bisa juga kurangi panas berlebihan pada komputer. Fitur lunak yang diperbaharui jalan bisa semakin cepat dan lebih lancar ketimbang fitur lunak yang lebih lama, dan bertambah aman — tiap-tiap keriskanan yang bisa dijumpai kemungkinan bakal diperbarui di vs yang lebih baru.

Di Windows 11 dan 10, check pengembangan dengan buka panel Pengembangan dan Keamanan di Penataan Prosedur. Pengembangan Windows bakal memperlihatkan apa komputer Anda modern atau mungkin tidak — akan tetapi apa saja yang dijelaskan komputer Anda, Anda tetap bisa periksa pengembangan, lalu mendownload dan menyeting apa saja yang siap.

  1. Check malware

Bila komputer Anda overheat, Anda harus periksa virus atau malware yang lain. Banyak tipe malware menyelisip ke sumber daya komputer Anda dan mengakibatkan panas berlebihan yang berarti. Penyekenan virus cepat bisa memberitahu Anda bila malware memanasi komputer Anda.

Instal program antivirus yang handal untuk menghindari virus dan malware lain mengontaminasi komputer Anda mulai sejak awal mula. Terapan antivirus terunggul memiliki fungsi double jadi alat penghapus virus dan malware

Ini bakal secara automatic menemukan dan hapus virus.

PUPs (Program yang Kemungkinan Tak Diharapkan) tidak malware, akan tetapi mereka merupakan pemborosan

Area disk amat mempunyai nilai dan bisa meperlambat komputer Anda. Alat pencuci komputer yang handal bakal mendapatkan dan hapus program ini dan program lain yang tak usah.

  1. Hindari panas berlebihan dengan AVG TuneUp

Perawatan teratur dibutuhkan untuk mengontrol komputer Anda pada situasi sempurna. Seperti mesin yang lain, komputer mendapatkan faedah dari pembersihan teratur. Akan tetapi merawat fitur keras komputer Anda sebatas 1/2 dari perjuangan.

AVG TuneUp kerjakan perawatan teratur dan automatic, membersihkan cookie browser, program yang tak usah, poin cache, dan file sampah untuk mengontrol PC Anda tetap maksimal dan melindunginya dari panas berlebihan. Mempercepat PC Anda dan tetap tenang dengan AVG TuneUp.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan kita mengenai Komputer Overheat, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu ya gaes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *